Tafsir Quran, KAJIAN, Hikmah — Mon 15 Jan 2018AD at 23:52

Allah Tidak Pernah Tidur Dan Selalu Mengawasi Kita

by
Allah Tidak Pernah Tidur Dan Selalu Mengawasi Kita

Allah berada di ‘Arsy sedang beristiwa dan Allah tidak pernah tidur, Allah sellau mengawasi kita selama 24 jam ….

Islamkafah.com  Sesungguhmya Allah tuhan semesta alam selalu mengawasi kita dan tidak pernah tidur, Allah berfirman dalm surat Al Baqarah ayat 255 :

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Syaikh Abu Bakr Al-Jazairi berkata bahwa kantuk dan tidur adalah sifat kekurangan. Sedangkan Allah Ta’ala memiliki sifat yang sempurna secara mutlak. Kalimat yang menyatakan Allah tidak ngantuk dan tidak tidur ada kaitan dengan kalimat sebelumnya dalam ayat. Yaitu siapa yang mengantuk dan tidur tentu tidak memiliki sifat qayumiyyah terhadap makhluknya. Artinya, kalau Allah itu mengantuk dan tertidur tentu sulit untuk menjaga, memberi rezeki dan mengatur berbagai makhluk yang ada.

Allah yang memelihara alam semesta ini secara langsung dan selalu mengawasi kita 24 jam tanpa henti, siapa saja dan dimana saja Allah mengetahuinya, baik itu yang zhahir atau yang tersembunyi di dalm hati kita.

Hikmah dari ayat tersebut adalah bahwa kita harus meyakini bahwa Allah selalu mengawasi kita dimana saja kita berada dan mengetahui apa yang kita kerjakan baik yang Nampak atau yang tersembuyi di dalam hati kita.

Jika kita sudah meyakini itu maka kita akan selalu merasa diawasi dan akan takut untuk melakukan amal yang buruk karena Allah selalu mengawasi kita semua. (RN)

%d bloggers like this: