Nasional, NEWS — June 8, 2017 at 00:02

Alhamdulillah, Kini Hotel Berbasis Halal dan Syari’ah Mulai Hadir di NTB

by
Alhamdulillah, Kini Hotel Berbasis Halal dan Syari’ah Mulai Hadir di NTB

Hotel syari’ah kini telah mulai menjamur di berbagai kota besar di Indonesia. Mengingat banyaknya masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam, tentunya hotel syari’ah sangat dibutuhkan dan menjadi sebuah terobosan menarik….

MATARAM, NTB (Islamkafah.com) – Jika kita berbicara tentang hotel dan yang berkaitan dengannya, maka sekilas yang terbesit dalam benak kita adalah suatu tempat yang disajikan kepada para pengunjung tanpa mengindahkan aturan-aturan agama, adab dan norma-norma yang berlaku.

Pasalnya, banyak sekali hotel-hotel yang berada di wilayah Indonesia mempunyai potret yang kurang bagus. Yakni, masih banyaknya perzinahan yang terjadi di hotel-hotel, kemudian perjudian, pesta miras, dan lain sebagainya. Serta sedikit sekali dari hotel-hotel tersebut yang mengindahkan aturan-aturan Syari’ah dalam menejemen dan pelayanannya.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir ini, tercatat bahwa telah banyak dan menjamurnya hotel-hotel berbasis syari’ah yang mulai beroperasi di Indonesia, tak terkecuali di NTB yang kini mulai dibangun sebuah hotel syari’ah pertama di pulau Lombok.

Hotel yang mengklaim dirinya sebagai hotel pertama yang berbasis Halal dan Syari’ah di NTB itu adalah Grand Madani by Prasanthi Hotel Syariah yang berada di Jalan Udayana, Mataram, NTB.

Permata Kuta Swimming Pool (Grand Madani Hotel Syari'ah)
Permata Kuta Swimming Pool (Grand Madani Hotel Syari’ah)

Seperti dilansir dari Islampos.com pada rilisannya (07/06), Assistant Hotel Manager Grand Madani, Sigit Cahyono menerangkan bahwa dibangunnya hotel Grand Madani ini merupakan wujud dan peran dari menejemen hotel untuk menempuh segmen konsep yang halal agar menjadikan NTB sebagai wadah dan destinasi halal berkelas dunia.

“Awal berdiri hotel ini, yang pertama kita concern adalah sertifikasi halal dari MUI. Alhamdulillah kita sudah ada sertifikatnya,” kata Sigit.

Menurut Sigit, hotel yang sudah beroperasi sejak tahun 2016 silam ini memiliki banyak kamar dan juga fasiltias yang berbasis halal serta syari’ah. Yakni, hotel Madani ini menyediakan 56 kamar yang terdiri dari 10 Syariah Deluxe, 2 Syariah suite, dan 44 syariah superior room. Tak lupa fasilitas lounge dan restoran yang diberi nama Firdaus Restaurant akan memanjakan pengunjung dengan makanan yang dijamin halal dan merupakan hidangan khas tradisional Pulau Lombok.

Syari'ah Superior Twint Room
Syari’ah Superior Twint Room
Firdaus Restaurant
Firdaus Restaurant

Dengan mengklaim sebagai hotel yang berbasis syari’ah tentunya tidak sah jika tidak menyediakan fasiltas beribadah yang memada. Dan, sebagai  wujud tanggung jawab dalam klaimnya, maka menejemen hotel menyediakan sarana beribadah bagi para tamu. Yakni, pada tiap-tiap kamar sudah tersedia alat-alat penunjang untuk beribadah seperti misalnya sarung, sajadah, mukena, mushaf Al-Qur’an, jadwal shalat, dan lain sebagainya.

Web Room (Lengkap dengan sajadah, dan perlengkapan shalat)
Web Room (Lengkap dengan sajadah, dan perlengkapan shalat)
Ballroom, bisa dignakan untuk acara-acara Islami yang Syar'i
Ballroom, bisa dignakan untuk acara-acara Islami yang Syar’i

Selain itu pula, menejemen hotel Madani juga menyediakan Ballroom dengan kapasitas +/- 1500 orang yang bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk berbagai acara yang resmi serta syar’i semisal acara resepsi pernikahan, dan yang lain sebagainya.

“Semua pelayanan kita dengan suasana Islami dan tentunya syariah,” ucap Sigit. (AUS)