Ibadah, Puasa, FIQIH — May 3, 2020 at 15:49

Ada Keberkahan Pada Waktu Sahur

by
Ada Keberkahan Pada Waktu Sahur

 

IslamKafah.com – Di bulan Ramadhan begitu banyak amalan wajib dan ada amalan sunnah yang bisa dijalani yaitu makan sahur. Amalan ini disepakati oleh para ulama dihukumi sunnah dan bukanlah wajib, sebagaimana kata Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim, 7: 206. Namun amalan ini memiliki keutamaan karena dikatakan penuh berkah.

Dalam hadits muttafaqun ‘alaih, dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

“Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.”(HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095).

Jangan kita tinggalkan sahur walaupun hanya dengan meneguk seteguk air, karena didalamnya membawa keberkahan untuk kita.

Karena ada keberkahan di saat sahur maka kita juga diperbolehkan memperbanyak doa saat sahur karena termasuk waktu yang baik untuk berdoa kepada Allah, dan semoga Allah mengabulkan permohonan yang kita panjatkan kepada-Nya.

Selain itu juga makan sahur membantu kita lebih kuat dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan ini, pasti akan berbeda stamina orang puasa yang sahur dengan orang yang tidak sahur.

Setidaknya orang yang sahur masih memiliki energi dari makan sahur dan membantu kita dalam menjalankan ibadah puasa agar tidak kepayahan saat menjalankannya.

Wallahu A’lam