AQIDAH-AKHLAQ, Kuliah Aqidah — May 24, 2018 at 08:36

90% Penyebab Rusaknya Iman Seorng Muslim Ada pada Kesyirikan

by
90% Penyebab Rusaknya Iman Seorng Muslim Ada pada Kesyirikan

Syirik merupakan perbuatan yang dapat menghapuskan amal seorang muslim dan membuat sia-sia iman yang dimilikinya, serta syirik merupakan pintu terbesar yang bisa merusak iman seorang muslim…

 

Islamkafah.comSyirik merupakan perbuatan menyekutukan Allah, Allah tidak ingin disaingi karena Allah yang menciptakan alam semesta ini, dan dosa syirik tidak akan diampuni seperti firmannya:

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya.” (QS. An Nisa’: 48).

Syirik dibedakan menjadi dua yaitu syirik kecil dan syirik besar, syirik kecil tidak mengakibatkan pelakunya keluar dari islam contohnya seperti riya, semntara syirik besar dapat mengeluarkan pelakunya dari islam. Syirik besar ada 4 macam:

Syirik Dakwah (Do’a)

disamping dia berdo’a kepada Allah ia berdo’a kepada selainNyaQS Al-Ankabut (29):65

Artinya: “Maka apabila mereka naik kapal mereka mendo’a kepada Allah dengan memurnikan keta’atan kepada-Nya; maka tatkala Allah menyelamatkan mereka sampai ke darat, tiba-tiba mereka mempersekutukan.”

Syirik Niat, Keinginan dan Tujuan

menunjukan suatu bentuk ibadah untuk selain AllahQS Huud (11): 15-16

Artinya: “Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan(15). Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan(16).”

Syirik Keta’atan

menta’ati selain Allah dalam hal maksiat kepada AllahQS At-Taubah (9):31)

Artinya: “Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah dan Al Masih putera Maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.”

Syirik Mahabbah (Kecintaan)

menyamakan selain Allah dengan Allah dalam hal kecintaanQS Al-Baqarah (2):165

Artinya: “Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa , bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya.

Perbuatan kesyirikan diataslah yang sering menggugurkan iman seorang muslim, karena belum mempercayai Allah 100% masih memiliki kepercayaan pada yang lain bahwa ada yang dapat mendatangkan manfaat dan madharat selain Allah, padahal Allah yang menciptkan benda yang dianggap memiliki kekuatan tersebut.

Oleh karena itu kita wajib mengimani syariat yang Allah berikan pada kita secara totalitas (kafah) supaya kita terlepas dari perbuatan syirik pada Allah yang mana akan menggugurkan amal ibadah kita. (Abd.N)